Jumat, 21 Januari 2011

Tiga Mitos Kecantikan Kulit yang Keliru

BENARKAH cokelat dan makanan berminyak menyebabkan timbulnya jerawat? Apakah kulit kering menyebabkan munculnya keriput? Atau, benarkah air dingin mengecilkan pori-pori? Cari tahu jawabannya dengan menyimak sejumlah penjelasan mengenai berbagai mitos kecantikan berikut ini.

1. Cokelat dan makanan berminyak menyebabkan jerawat
Memakan permen cokelat atau pun pizza pepperoni tidak akan membuat jerawat tiba-tiba muncul menghiasi wajah. Menurut dermatolog Diane Berson dari New York City, satu-satunya jenis makanan yang dapat memperburuk jerawat adalah yang mengandung kadar yodium tinggi seperti sushi, kerang, dan kecap. Yodium selama ini dikaitkan dengan masalah peradangan dan jerawat.

2. Kulit kering sebabkan keriput
Keriput terbentuk ketika kolagen mengalami kerusakan yang letaknya jauh di bawah permukaan kulit. Pelembap dapat membuat garis-garis kerutan semakin tampak jelas, dengan cara membuat kulit kering di sekitarnya merekah sementara.

Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama degenerasi kolagen. Jika menginginkan pelembap yang menawarkan perlindungan keriput terbaik, cari produk yang mengandung tabir surya dan antioksidan antipenuaan seperti vitamin C.

3. Air dingin mengecilkan pori-pori
Ukuran pori-pori kita dapatkan dari orang tua kita, dan tidak banyak yang dapat mengubahnya. Air dingin menyempitkankan pembuluh darah, sehingga kulit hanya terasa mengencang, bukan mengecilkan pori-pori. Tapi, Anda dapat meminimalisasi penampilannya di permukaan.

Jika pori-pori tersumbat dengan minyak dan kulit mati, pori-pori terlihat membesar. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membuat kotoran tersebut keluar. Selain itu, pori-pori juga akan meregang ketika kulit kehilangan kolagen. Sayangnya, sinar matahari dapat merusak kolagen. Oleh karena itu, aplikasikan tabir surya untuk melindungi pori-pori Anda.

Sumber : mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar