Minggu, 23 Januari 2011

Dua Resep Alami Madu agar Kulit Lembap

KULIT kering dan kusam akibat terpapar sinar matahari, bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Tapi, jangan khawatir. Anda bisa mendapatkan kembali kulit cantik bersinar yang diidam-idamkan, lewat perawatan alami menggunakan madu.

Cairan lengket dan manis yang dihasilkan lebah dan serangga lain dari nektar bunga ini, memiliki khasiat untuk menghindrasi dan meremajakan kulit kembali. Hasilnya, kulit tampak dan terasa lebih cantik.

Madu merupakan humectant, yang berarti bersifat menarik dan mempertahankan kelembapan. Selain itu, madu juga merupakan zat antiiritasi, sehingga cocok untuk mengatasi sejumlah masalah kulit sensitif.

Christopher Watt, seorang ahli kecantikan berlisensi yang memiliki klien selebritas papas atas Hollywood seperti Halle Berry dan Jennifer Lopez, menyarankan rejimen berbasis madu berikut ini untuk mengatasi kulit kering.

Pelembap kulit kering
Bahan-bahan:
2 sendok makan madu
2 sendok makan cocoa butter, cairkan
2 tetes minyak bergamot (opsional)
1 tetes minyak lavender atau tea tree oil (opsional)

Cara membuat:
Campur semua bahan, lalu aplikasikan ke wajah yang kering dan bersih. Pelembap alami ini dapat dimasukkan ke dalam wadah dan disimpan di dalam kabinet, tapi lambat laun akan mengeras. Untuk pengaplikasian kedua, panaskan dulu ramuan di dalam microwave selama 10 detik. Aduk dulu sebelum dioleskan ke kulit seperti biasa.

Sementara itu, untuk perawatan tubuh secara keseluruhan, Watt merekomendasikan untuk mengeksfoliasi dan melembapkan tubuh menggunakan body scrub cokelat madu.

Body scrub cokelat madu
Bahan-bahan:
2 cangkir madu
1/2 cangkir minyak biji anggur
6 sendok makan cokelat tanpa pemanis, parut (bisa juga diganti dengan bubuk kakao)
2 cangkir garam kosher

Cara membuat:
Campurkan madu dan minyak biji anggur dalam sebuah mangkuk. Masukkan cokelat dan garam kosher, aduk sampai tercampur rata, menjadi berbutir dan kental.

Aplikasikan scrub ke kulit, lalu pijat lembut seluruh tubuh. Lap dengan handuk basah dan hangat, atau bilas di bawah pancuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar