Rabu, 24 September 2014

Hati-hati, Maskara Bisa Sebabkan Mata Buta

Maskara merupakan salah satu peralatan rias wajah yang “wajib” dimiliki oleh para wanita modern dan aktif. Sebab, sekali pulasan maskara dapat mengubah penampilan mata Anda tampak lebih segar dan menyala. Namun demikian, hati-hati, sebab pemakaian maskara yang salah bisa berisiko mata buta. Apa pasal?

Sebuah survei di Inggris menyatakan bahwa sejumlah wanita di Inggris sering mengenakan maskara yang sudah kadaluarsa. Mereka secara tidak sadar telah memposisikan diri pada situasi yang membahayakan kesehatan mata dan bisa menyebabkan kebutaan.

Tak banyak wanita yang mengetahui bahwa sebenarnya usia pemakaian ideal maskara hanyalah empat bulan. Namun, menurut survei, sebanyak 70 persen wanita yang sehari-hari mengenakan maskara menggunakannya hingga waktu satu tahun.

Peneliti menemukan bahwa dua dari tiga pengguna maskara menggunakan produk yang sudah setahun kadaluarsa. Lalu, satu dari lima wanita tidak menyadari bahwa maskara yang mereka kenakan telah kadalursa selama 10 tahun.

Sebenarnya, apa bahaya memulaskan maskara yang sudah kadaluarsa pada mata? Menurut seorang dokter mata dari Optegra Eye Hospital Group mengatakan bahwa produk kosmetik basah yang diperuntukkan merias sekitar mata sangat berpotensi menjadi sarang bakteri. Nah, bakteri ini bisa membuat mata Anda buta atau cacat.

“Sangat mengkhawatirkan melihat banyaknya orang yang masih menggunakan produk rias mata kadaluarsa selama bertahun-tahun,” ujar Anna Maino, Consultant Ophthalmic Surgeon.

Menurut Maino, sebagian besar produk kosmetik memang mengandung pengawet untuk mencegah pertumbuhan bakteri, tetapi karena biasanya wanita menyimpan kosmetik di wadah yang hangat seperti dalam tas atau tas make up yang bersuhu hangat. Inilah yang menyebabkan baketeri lebih mudah berkembang.

“Kami sangat merekomendasikan dan menyarankan untuk rutin memeriksa seluruh produk kosmetik secara berkala. Tujuannya agar Anda tidak terlewat waktu kadaluarsa dan telah berbau. Cara sederhana ini dapat membantu dan mencegah wajah cantik Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar