Sabtu, 27 Agustus 2011

RAMUAN OBAT HERBA JERAWAT

Jerawat jenis penyakit kulit yang sering ditemukan pada orang muda yang tengah akil balik (14 – 20). Bentuk nya seperti bisul kecil yang berisi benda berupa lemak dan kadang-kadang berubah jadi keras berupa lilin.

Gejala jerawat :

* Pada kulit terutama wajah, terdapat benjolan-benjolan kecil;.
* Benjolan ini biasanya berkepala kuning dan berisi nanah.
* Kadang terasa gatal dan sedikit nyeri.
* Dll

Berikut beberapa ramuan obat herba jerawat :

1. Ambil sebuah jeruk nipis lalu belah dan gosokkan pada kulit wajah.
2. Minumlah air rebusan daun meniran 7 batang dan temulawak 10 potong tipis yang dimasak dengan 2 gelas air.
3. Serbuk belerang 1 sdt diremas dengan air mawar 2 sdm. Gunakanlah melumas kulit yang kena jerawat malam hari sebelum tidur.
4. Buah belimbing wuluh 5 buah, dicuci lalu ditumbuk halus. Diremas dengan air garam seperlunya. Sangat bermanfaat untuk menggosok untuk jerawat kulit.
5. Bunga melati 20 kuntum, asam lama 2 jari, belerang sebesar telur merpati, dicuci dan ditumbuk halus. Remaslah bahan ini dengan air jeruk nipis 2 sdm. Ramuan ini sangat bermanfaat untuk menggosok dan melumas muka yang berjerawat 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.
6. Digosok-gosok dengan kulit bagian dalam buah mentimun.
7. Rebuslah 7 helai daun meniran, temulawak 7, potong tipis dengan air bersih 2 gelas. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
8. Sambiloto dengan temulawak 10 potong, asam kawak 3 klungsu, kencur 1 jari, adas 1/2 sdt, daun jinten 10 lembar. Bahan-bahan ini ditumbuk halus dan diambil airnya untuk diminum dengan gula jawa 3 x sehari 1/2 gelas.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar